Sabtu, 14 Januari 2012


Oleh Karena Nama Yesus

Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 
Mazmur 23;1 - 6

Sebagai pengikut Kristus Mazmur 23 adalah firman Allah yang sangat menguatkan karena mengandung jaminan bagi pengikut Kristus, untuk slalu dalam lindunganNya. Gadah dan tongkat Allah menjadi penghiburan dikala orang percaya berada dalam kekelaman atau permasalah hidup. Daud menggambarkan bagaimana Allah menjagai orang percaya seperti gembala menjagai domba-domba peliharaannya. Daud mengalami bagaimana ia menjagai domba-domba peliharaannya dari serangan serigala dan singa(baca: 1 Samuel 17:34-37), begitu juga ia merasakan Allah melindungi dia dari ancaman raja Saul. Meskipun Daud hidup sebagai buronan raja, ia tidak pernah kekurangan, Daud  selalu dalam penyertaan Tuhan. Anda dapat bayangkan bagaiamana sulitnya hidup seseorang yang dimusuhi raja. Hidup yang tidak aman, tidak leluasa, sangat sulit. Namun Daud dapat menjadi pengganti raja. Daud menjadi raja.
Daud menyatakan “takkan kekurangan aku” hal itu menunjukan bahwa Daud tidak pernah berkekuranagan dalam kehidupannya. Daud memberi gambaran seperti domba yang berada dipadang yang berumput hijau, domba yang selalu mendapat makanan, domba yang tidak pernah kelaparan. Dan selalu dibimbing ke air yang tenang, air yang mudah untuk diminum, bahkan keselamatan pun dijaminnya “Ia menyegarkan jiwaku”. Ada sukacita selalu.
Hal perlindungan dan pemeliharan yang dinikmati Daud hanya oleh karena  Daud berjalan dalam jalan Tuhan. Mazmur 23 menjelaskan “Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya”. Daud selalu berjalan dalam jalan Tuhan, jalan yang benar. Jalan yang tidak menyimpang kekanan dan kekiri(Yosua 1:8). Daud selalu mematuhi perintah Tuhan. Ketika Daud mempunyai kesempatan membunuh Saul, Daud tidak melakukannya( Baca: 1 Samuel 24:4-7). Daud tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, Daud membalaskan dengan kebaikan( Baca :Roma 12:17). Hidup dalam kebenaran yang dijalankan Daud hanya oleh karena nama-NYA, Nama Yesus, Nama Allah (Baca: Yohanes 17:12, ayat ini menjelaskan bahwa nama Allah adalah Yesus). Daud melakukan kebenaran bukan karena untuk kepentingan dirinya tapi untuk kemuliaan Tuhan Yesus. Daud ketika melawan Goliat, daud berkata aku mendatangi engkau demi nama Tuhan. Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu( 1 Samuel 17:45)
Mempermulikan Tuhan Yesus, berarti menjaga nama baik Allah. Menjaga nama baik Allah bukan berarti Allah harus dibela. Gus Dur berkata:”Allah koq di bela!”. Memang Allah tidak perlu dibela, karena Allah perkasa. Allah yang Suci tidak mau tercemar. Allah itu kudus. Firman Allah mengajarkan agar kita hidup kudus,” tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu”(1 Petrus 1:15). Hal ini mengisyaratkan bahwa kita dapat mencemarkan nama Allah, ketika hidup kita tidak berpadanan dengan Allah yang kudus, ketika hidup kita tidak menunjukan kwalitas pengikut Kritus. Ketika pengikut Kristus hidup tidak benar, yang dihujat pertama kali adalah nama Allah. “koq orang Kristen begitu!” tidak disebut nama kita tapi nama Kristus(Kristen).

Oleh karena Nama Yesus, kita dalam pemeliharaan-Nya, dalam penyertaan-Nya. Dalam berkat-Nya. Lakukan semuanya DEMI Nama Tuhan Yesus Kristus. Ketika saya hidup dalam kesusahan, hidup dalam tekanan ekonomi, orang tua yang terlibat hutang berbunga, saya melakukan tanggungjawab untuk membayarnya karena demi nama Tuhan Yesus. Saya menyadari saya pengikut Kristus, saya menyadari Yesus adalah Gembala Yang Baik, saya meyakini Yesus mencukupi saya, Yesus memberkati saya, oleh karena itu saya berani membayarnya meskipun dihitung secara matematika tidaklah mungkin tetapi saya melakukannya karena saya Yakin Allah beserta saya. Saya tidak ingin mencemarkan nama Yesus. Bukan untuk menunjukan kuat gagah saya,karena saat menjalaninya atau melakukannya saya pun merasakan sangat berat, tapi oleh karena nama Yesus saya mampu melakukannya. Oleh karena nama Yesus, saya merasakan penyertaan-NYA. Memperoleh berkat-Nya.

Oleh Karena Nama Yesus, kita akan merasakan apa yang dirasakan Daud. Yesus adalah Gembala Yang Baik. Amin

By : Pdm Khoe Ridwan kurniawan S,Th.
    

Tidak ada komentar: